Hard Skill Dan Soft Skill Yang Harus Dimiliki Saat Bekerja Pada Design Agency Jakarta

Bekerja di design agency Jakarta tidak hanya dengan modal pandai menggambar saja, namun juga harus memiliki berbagai skill lain untuk menunjang profesi. Dua macam jenis skill yakni hard skill dan soft skill menjadi hal yang wajib dimiliki.

Karena menjadi seorangĀ  desainer harus dapat mengikuti perkembangan jaman dan keinginan klien dengan baik. Sehingga dapat menghasilkan karya-karya yang terbaik dan sesuai dengan keinginan klien yang memesan jasanya.

 

Hard Skill untuk Ahli Desain Grafis

Hard skill merupakan skill yang wajib dimiliki oleh para designer. Yang merupakan pengaplikasian dari ilmu yang sudah dipelajari untuk menghasilkan karya yang memuaskan.

Prinsip desain

Yang pertama adalah prinsip desain yang merupakan keterampilan penting untuk dikuasai. Karena ini merupakan kemampuan untuk membuat desain yang menarik, terstruktur dan mudah dipahami oleh orang lain.

Prinsip desain tersebut terdiri dari lima yakni alignment, repetisi, kontras, hierarki dan seimbang. Dengan memahami lima hal diatas maka Anda akan mempunyai modal yang hebat di dunia ini.

Tipografi

Tipografi juga sangat penting untuk desain grafis, karnea akan memudahkan audiens membaca. Selain itu juga menciptakan hierarki dan jadi sarana branding. Itulah sebabnya designer harus dapat memilih font dan penempatan kata-kata yang tepat.

Software desain

Menguasai berbagai software design juga harus dimiliki oleh seorang ahli desain grafis. Beberapa software yang sangat penting tersebut adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, GIMP, Vectr dll.

Branding

Karena setiap produk akan mempunyai branding berbeda dengan gaya visual yang berbeda sehingga harus dapat menciptakan style yang tepat untuk berbagai macam brand.

Ideation

Ideation merupakan skill yang mengacu pada metode riset dan cara seorang desainer menginterpretasikan tren menjadi tampilan visual yang menarik. Kehalian ini sangat diperlukan saat akan membuat desain baru dan memukau para klien.

Prinsip desain UX

Akhir-akhir ini desain UX seringkali diterapkan pada seluruh desain sehingga setiap ahli desain grafis harus memiliki pengetahuan akan prinsip desain UX yang baik. Hal ini dapat dipelajari dengan membedah tampilan desain pada aplikasi dan software modern.

 

Soft Skill untuk Ahli Desain Grafis

Kemudian selanjutnya adalah soft skill yang juga harus dimiliki oleh para ahli desain grafis. Karena merupakan skill yang akan membuat klien puas dan repeat order ke design agency Jakarta tempat anda bekerja.

Kreativitas

kreativitas merupakan salah satu keterampilan wajib bagi seseorang yang bekerja di design agency. Tidak hanya dalam mendesain gambar cetak saja termasuk juga dalam membuat desain lain seperti desain interior ruangan yang menggunakan wallpaper dinding.

Komunikasi

skill desain grafis yang harus dikuasai adalah dapat menyampaikan komunikasi yang baik melalui desain. Komunikasi juga diperlukan saat melakukan presentasi di depan klien atau berbicara dengan rekruter.

Mengatur waktu

Karena sering mendapatkan banyak project dalam waktu yang bersamaan, sehingga harus pandai mengatur waktu. Sehingga dapat mendahulukan prioritas agar tidak mengecewakan klien.

Active listening

Active listening merupakan soft skill yang mengacu pada sebuah cara untuk mendengarkan secara fokus. Sehingga dapat memperhatikan dengan baik hal yang diucapkan oleh lawan sehingga dapat memahami visi klien dan menerjemahkannya ke dalam desain visual secara akurat.

Conflict resolution

Soft skill ini sangat berguna saat hendak berkolaborasi dengan klien, rekan kerja, hingga atasan. Terutama dalam ruang kerja yang kompetitif dan deadline yang ketat, sehigga terjadi kesepakatan.

 

Demikianlah hard skill dan soft skill yan gharus dimiliki seseorang ketika ingin bekerja pada design agency Jakarta. Sehingga dapat mempersembahkan karya terbaik yang sesuai dengan keinginan klien dan juga kepuasan pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.