Inilah Bahaya Jika Air di Rumah Anda Tercemar

Air adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki posisi vital di kehidupan mahluk hidup, baik itu manusia, hewan ataupun tumbuhan. Maka dari itu, kualitas air yang baik akan membentuk kehidupan yang baik.

Sebaliknya, jika kualitas air buruk maka itu juga akan mempengaruhi kehidupan mahluk hidup secara keseluruhan. Sayangnya, sekarang ini banyak sekali sumber sumber air yang sudah tercemar.

Entah itu dari limbah pabrik atau ulah tangan tangan individu manusia itu sendiri. Akibatnya, beberapa orang harus menanggung akibat dari air yang mereka konsumsi di kehidupan sehari-hari. Hal itu tentu saja sangat menyedihkan.

 

Akibat Pencemaran Air

Seperti dijelaskan sebelumnya, pencemaran air bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti limbah buangan pabrik ke sungai, buang sampah sembarangan, air bekas cucian atau detergen dan sebagainya.

Hal itu secara massive bisa menyebabkan kualitas air menjadi buruk dan menyebabkan beberapa kasus seperti dibawah ini:

1. Kolera

Kolera adalah salah satu penyakit yang berasal dari bakteri Vibrio Cholerae. Bakteri jenis ini umumnya berasal dari feses buangan manusia yang juga menderita penyakit ini. Ia akan menyebar melalui air yang digunakan untuk minum atau bahkan mencuci piring.

Adapun, anda akan merasakan gejala gejala seperti misalnya kram perut, mual muntah, sakit kepala dan juga buang buang air secara terus menerus jika terserang penyakit satu ini.

3. Diare

Diare adalah penyakit paling umum yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk. Penyakit ini biasanya muncul dengan membuat penderitanya mencret tiada henti sehingga terus terusan bolak balik ke kamar mandi.

Penyakit ini biasanya akan sembuh dengan pemberian obat obatan tertentu atau bahkan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

4. Disentri

Selain diare, pencemaran air juga bisa mendatangkan penyakit disentri pada sebagian orang. Penyakit disentri adalah penyakit yang ditandai dengan gejala diare parah, demam dan juga muntah muntah.

Disentri akan menyebabkan infeksi pada bagian usus manusia sehingga mengakibatkan penderitanya menjadi diare berair bahkan disertai lendir ataupun darah.

Diare pada penderita disentri lebih parah daripada diare pada umumnya sehingga perlu ditangani secara lanjut oleh dokter.

Adapun, penyakit disentri secara lebih jauh nantinya tidak hanya berakibat pada bagian usus saja melainkan akan berakibat pada bagian organ tubuh lainnya. So, anda harus segera periksa ke dokter jika menemui gelaja disentri pada diri anda.

5. Hepatitis A

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang bagian hati. Ia biasanya menulari melalui air yang tercemar oleh feses pemiliki penyakit ini.

Hepatitis A akan menyebabkan masalah peradangan pada organ hati manusia sehingga akan mengganggu fungsi dan kinerja hati dalam sistem organ tubuh manusia. Pada kasus yang lebih fatal, hepatitis A dapat menyebabkan kegagalan pada fungsi hati.

Adapun, penyakit hepatitis A sebetulnya dapat sembuh dengan sendirinya melalui sistem kekebalan tubuh manusia dan pemberian obat obatan tertentu.

Namun, sebagai langkah pencegahan, anda bisa melakukan vaksin hepatitis untuk membuat tubuh anda memiliki kekebalan terhadap penyakit satu ini.

6. Jerawat

Selain penyakit yang disebutkan diatas, pencemaran air sebetulnya juga bisa menimbulkan masalah pada area kulit seperti misalnya kulit kering, seperti berjerawat dan lainnya.

penyebab jerawat muncul salah satunya disebabkan oleh air yang tidak steril. Maka dari itu, sebelum penyakit penyakit diatas datang pada diri kita dan keluarga. Sebaiknya anda harus segera periksa kualitas air di rumah anda untuk memastikan air yang keluarga anda gunakan baik dan terbebas dari pencemaran air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.