Ingin Buka Salon Kecantikan, Ini Modal Awalnya!

Anda pernah bekerja di salon kecantikan atau selesai mengikuti pendidikan di lembaga kursus kecantikan? Mungkin Anda ingin mengembangkan karir lebih maksimal dengan membuka salon sendiri, sah-sah saja. Bila punya keahlian yang mumpuni, maka bisnis salon rumahan bisa menjadi opsi menghasilkan pendapatan utama atau sampingan. Tidak hanya faktor pelayanan yang memuaskan saja, Anda harus meng-upgrade pelayanan pada pelanggan di era digital dengan memiliki aplikasi salon kekinian, lho!

Rincian Modal Awal untuk Bisnis Salon Rambut di Rumah

Membuka usaha mulai dari nol memang tidak mudah sebab Anda harus tetap membuat perencanaan keuangan yang bagus. Anda yang ingin membangun bisnis salon pangkas rambut di rumah pun, perlu modal yang tidak sedikit. Bila modal terbatas, Anda tetap bisa memulai usaha salon kecantikan ini. Berikut rincian modal awal bisnis salon rambut rumahan yang perlu Anda persiapkan yaitu :

1. Sewa tempat

Bila Anda punya rumah yang memiliki lokasi strategis, maka bisa memakai teras atau ruang tamu sebagai salon kecantikan. Tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat, bukan? Namun, Anda yang tidak punya tempat untuk membuka salon, maka pertimbangkan mencari lokasi ruko atau tempat yang strategis alias dekat dengan area publik.

Biaya sewa paling rendah di kota besar bervariasi, tapi Anda bisa membuat minimal rincian biaya sewa sekitar 5 juta rupiah untuk sewa ruko minimal tiga bulan. Tentu harga sewa sangat berbeda antara kota besar, pinggiran atau pedesaan, ya!

2. Peralatan salon

Anda perlu melengkapi salon dengan peralatan yang lengkap, misalnya meja dan kursi salon, kursi tunggu, cermin besar, dan lain-lain. Coba buat kalkulasi biaya awal yang paling murah untuk melengkapi semua peralatan yang dibutuhkan di salon sebagai berikut :

  • Kursi salon minimal 4 total 1.000.000
  • Cermin besar minimal 4 total 1.000.000
  • Kursi tunggu 200.000
  • Meja tamu sederhana 200.000
  • Set sisir gunting dll 1.000.000
  • Handuk kecil 100.000
  • Tempat mencuci rambut 1.000.000
  • Perlengkapan lain berupa hair dryer, catok, pengeriting, dll 2.000.000

3. Produk perawatan rambut

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan salon yang utama berupa produk kecantikan atau produk perawatan rambut, misalnya masker, vitamin, krim smoothing, dan lain-lain. Pastikan kerjasama dengan supplier perawatan rambut ternama agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, pemakaian produk perawatan rambut yang berkualitas bisa mendukung hasil memuaskan untuk pelanggan setia. Anda bisa membuat rencana anggaran beli produk perawatan rambut berkisar 2 juta rupiah.

4.  Biaya pembuatan konsep dan interior salon

Tentu Anda butuh biaya tambahan untuk melakukan renovasi bangunan atau menciptakan konsep salon yang lebih menarik, misalnya mengganti cat dengan warna terbaru, memasang katalog model rambut terbaru, memasang banner, dan melengkapi hiasan interior lain. Untuk salon kelas rumahan dengan biaya terbatas, setidaknya Anda perlu modal awal minimal 1 juta rupiah untuk poin ini.

5. Biaya lain-lain

Hal yang termasuk dalam biaya lain-lain bisa mencakup pada biaya promosi, biaya listrik awal pertama, biaya gaji karyawan, dan kebutuhan darurat lain. Anda bisa menganggarkan biaya lain-lain bervariasi tergantung kebutuhan, misalnya 2-3 juta rupiah.

Total biaya yang perlu dikeluarkan dari sewa tempat sampai biaya lain-lain selama salon belum beroperasi secara maksimal pada bulan pertama sekitar 16 jutaan rupiah. Tentu kalkulasi modal awal bisa membengkak atau lebih minim tergantung salon rumahan yang Anda inginkan. Menambahkan jenis pelayanan kecantikan berupa facial atau kebutuhan lain, maka Anda perlu tambahan modal lebih besar.

Untuk mencegah risiko salon alami masalah keuangan kelak, Anda perlu software klinik kecantikan yang memiliki manajemen operasional usaha. Atur keuangan salon Anda mulai pengendalian kas keluar dan masuk, risiko kerugian dari pembatalan booking online, pengaturan anggaran belanja produk perawatan rambut, dan manajemen operasional lain.

Anda bisa mendapatkan kemudahan pengaturan keuangan salon dengan memakai aplikasi salon Zenwel yang berkualitas. Daftar sekarang untuk mendapatkan kelebihan fitur-fitur premium dari Zenwel dengan biaya mulai dua ribuan per hari! Ingin mencoba fitur gratis sebagai bahan pertimbangan, segera hubungi kontak layanan Zenwel ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.