Tips dan Trik Cara Penyajian Kopi Tubruk agar Enak serta Bercitarasa Tinggi

Mungkin bagi orang awam yang bukan pecinta kopi, masih bingung membedakan antara kopi tubruk dengan kopi instan. Kopi tubruk merupakan bubuk kopi yang ditaruh di gelas dan langsung dituangkan air panas mendidih ke dalamnya. Dikarenakan diseduh tanpa menggunakan filter atau penyaringan apapun, kopi ini akan menghasilkan ampas. Contoh untuk kopi tubruk yang mudah ditemukan adalah kopi tubruk gadah.

Kopi tubruk memiliki ukuran gilingan yang biasa dipakai adalah fine grind yang butirannya sedikit lebih halus dari garam dapur. Tetapi, ukuran tersebut tidak terbatas untuk kopi tubruk. Dan kini, para penyeduh tubruk juga menggunakan gilingan kasar (coarse grind) dan gilingan sedang (medium grind). Hal ini bertujuan untuk mendapatkan karakter rasa kopi yang sesuai dengan keinginan penyeduh dan penikmat kopi tubruk.

Masyarakat Indonesia menyukai kopi yang cara penyajiannya ini cukup mudah dan simpel karena tidak memerlukan alat khusus. Anda pun hanya perlu menuangkan air panas langsung ke dalam cangkir yang sudah berisi bubuk kopi. Sedangkan untuk kopi instan biasa juga merupakan kopi yang ditaruh dicangkir kemudian dituangkan air panas mendidih. Namun bedanya kopi instan biasa sudah dicampurkan dengan bahan pelengkap seperti gula atau susu serta tidak meninggalkan ampas.

Cara Penyajian Kopi Tubruk yang Bercitarasa Tinggi

Meskipun terkesan mudah dan simpel, namun membuat kopi tubruk yang enak dan bercitarasa yang tinggi ternyata ada tips dan triknya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan, diantaranya adalah :

  • Anda harus menyiapkan kopi yang segar

Dalam hal ini tentunya kopi yang baru digiling adalah prioritas utama.

  • Seduh Kopi dengan air mendidih atau yang bersuhu 98 derajat Celcius

Tuangkan secara perlahan air tersebut ke dalam gelas kopi. Sebaiknya hindari air dalam dispenser untuk menghindari perut kembung akibat suhu air yang tidak maksimal.

  • Jangan langsung diaduk

Setelah kopi dituangkan air, sebaiknya jangan langsung diaduk. Tetapi tunggulah sekitar 2-4 menit untuk memberikan waktu untuk kopi dan air berekstraksi.

  • Pastikan rasio kopi dan air sudah tepat

Untuk menghasilkan aroma kopi yang optimal dan rasa terbaik, maka gunakanlah cangkir berukuran 140 ml untuk satu sendok makan kopi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.